OPINI | NALARPOS.ID — Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya sebagai Kampus Swasta Terkemuka di Jawa Timur terus melakukan upaya yang berdampak untuk mencapai brand awareness.
Salah satu upayanya yaitu memperkuat identitas dan kebersamaan para Mahasiswa bahkan hingga seluruh civitas akademika Untag Surabaya melalui rangkaian kata-kata yang lebih dikenal dengan #KataKitaUntag.
Kampanye #KataKitaUntag diperkenalkan oleh Untag Surabaya melalui official account Instagram @kitauntagsby sebagai segmen baru dalam postingan Instagram yang didukung dengan desain menarik, isi kutipan dan tampilan foto Pejabat Struktural Untag Surabaya.
Hal ini menunjukkan bahwa Pejabat Struktural juga berkontribusi menciptakan lingkungan Pendidikan Tinggi yang positif dan menginspirasi mulai dari internal (Civitas Akademika Untag Surabaya) hingga eksternal (Calon Mahasiswa Baru, Followers Instagram @kitauntagsby, masyarakat luas).
Maka, kampanye #KataKitaUntag di Media Sosial khususnya Instagram tentu memiliki tujuan yang berdampak, antara lain :
- Membangun Kesadaran Merek (brand awareness) – Postingan #KataKitaUntag berdampak pada peningkatan kesadaran di kalangan Mahasiswa, Dosen hingga Masyarakat luas mengenai pentingnya persatuan, kebersamaan dan kolaborasi.
- Meningkatkan Motivasi – Kutipan-kutipan yang disampaikan oleh Pejabat Struktural di postingan #KataKitaUntag berdampak pada dorongan motivasi yang diberikan khususnya untuk Mahasiswa-Mahasiswi Untag Surabaya agar terus berprestasi di bidangnya dan tentunya dapat mengembangkan sikap positif dalam menghadapi segala tantangan.
- Mendorong Partisipasi – #KataKitaUntag mengajak para Civitas Akademika aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan Kampus Merah Putih Untag.
- Memperkuat Identitas dan Karakter Universitas – Kutipan #KataKitaUntag mencerminkan identitas Untag Surabaya dengan nilai-nilai yang ingin ditanamkan kepada Mahasiswa seperti nilai kepemimpinan, etika, integritas hingga tanggung jawab.
alu siapa target audiens sebenarnya dari kampanye #KataKitaUntag yang digaungkan Untag Surabaya? Apakah seluruh lapisan masyarakat menjadi targetnya?
Terdapat beberapa target audiens khusus pada kampanye #KataKitaUntag seperti :
- Mahasiswa
Target utama dari kampanye ini yaitu Mahasiswa-Mahasiswi yang ada di Untag Surabaya. Mahasiswa juga diharapkan dapat aktif berpartisipasi dan juga turut menyebarkan pesan-pesan kampanye. - Dosen dan Tenaga Kependidikan
Tidak hanya melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, para Dosen hingga Staf Tenaga Kependidikan turut andil berpartisipasi untuk menyebarkan pesan kampanye ke berbagai relasi yang dimiliki. - Alumni Untag Surabaya
Para alumni yang pernah menempuh kuliah di Untag Surabaya dan bekerja di berbagai sektor di Perusahan Nasional maupun Mancanegara dapat menjadi pionir untuk membagikan pesan-pesan kampanye ke rekan-rekan baru mereka. Hal tersebut juga dapat meningkatkan brand awareness dan citra positif bagi Untag Surabaya. - Masyarakat Umum
Tidak hanya untuk internal saja, kampanye #KataKitaUntag juga dapat menjangkau masyarakat luas. Untag Surabaya ingin menunjukkan komitmennya dalam menciptakan agen perubahan yang berkualitas dan tentunya berintegritas.
Civitas akademika juga menunjukkan rasa kekeluargaan yang tinggi dan diselipkan rasa cinta Tanah Air, sebagai contoh #KataKitaUntag yang disampaikan oleh Dr. Ir. Sajiyo, M.Kes., IPU., ASEAN Eng, sebagai Dekan Fakultas Teknik Untag Surabaya. Di awal pesannya, beliau menyampaikan pesan yang mengandung kedekatan pribadi pada kalimat “Patriot Merah Putihku yang menjadi Pahlawan Bangsaku”.
Dekan Fakultas Teknik Untag Surabaya ingin mengajak khususnya Civitas Akademika Untag Surabaya untuk berjuang menghadapi tantangan serta rintangan demi kepentingan Bangsa dan Negara. Beliau juga mengisyaratkan Bangsa Indonesia membutuhkan karya nyata dari insan muda lulusan Untag Surabaya.
Sebagai Pejabat Struktural yang memiliki latar belakang mempelajari perilaku dan proses mental manusia, Dr. Diah Sofiah, S.Psi., M.Psi., Psikolog. (Kepala Badan Pengembangan SDM Untag Surabaya) memberikan kutipan-kutipan dengan pendekatan Psikolog seperti kalimatnya “Karena Hidup Ini Adalah Proses Yang Terus Berkembang”.
Maka Kepala BPSDM Untag Surabaya menungkapkan melalui kutipannya bahwa pembelajaran bagi Mahasiswa merupakan proses yang berkelanjutan dan penting dalam sebuah kehidupan. Setiap hari ialah peluang bagi kita untuk terus bertumbuh dan memperbaiki diri, sehingga mampu menuju versi terbaik bagi diri kita sendiri.
Salah satu Civitas Akademika mengungkapkan pendapatnya mengenai kampanye #KataKitaUntag yang disebarkan melalui Instagram.
“Menurut saya, tentang #KataKitaUntag merupakan kampanye yang sangat bagus karena secara tidak langsung dapat me-brainwash mahasiswa khususnya menjadi pribadi yang lebih baik.
Di dalamnya juga terdapat motivasi belajar dan meningkatkan nasionalis di dalam diri”, ujar Fiky salah satu Dosen Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik Untag Surabaya.
Penulis : Anindhyta Ayu Larasati, Mahasiswi Magister Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNTAG Surabaya